zwani.com myspace graphic comments

Thursday 5 February 2015

Membuat File Sharing menggunakan FTP Server pada Windows 7

Sumber Gambar : http://www.qnap.com/images/features/ftpserver.png

Artikel ini dibuat untuk mempermudah berbagi pakai resource antar satu komputer ke komputer lainnya dalam satu jaringan. Selama ini mungkin kita sudah kenal dengan Folder Sharing yang biasa kita gunakan untuk berbagi pakai resource antar komputer. Namun perlu diketahui bahwa kelemahan pada penggunaan cara tersebut yang utama adalah virus. Bila salah satu komputer terinfeksi virus, maka jaringan yang saling berbagi pakai akan terinfeksi juga. Dan bukan itu saja data yang diakses tidak dapat di track.

FTP server adalah aplikasi yang memberi layanan download dan upload file antar jaringan menggunakan protokol (TCP/IP). FTP merupakan protocol standar untuk melakukan tukar menukar file dalam jaringan yang sama. Untuk dapat mengakses FTP server dibutuhkan sebuah aplikasi FTP Client seperti FileZilla, WS_FTP, Cute_FTP atau aplikasi third party lainnya atau paling sederhana dengan menggunakan Browser.

Penggunaan FTP sebenarnya belum aman bila tidak menggunakan layanan SSH (SFTP) ataupun Over SSL (FTPeS), karena data yang ditransfer masih berupa Plain Text dan mudah untuk di intip oleh seorang IT Expert. Untuk lebih lanjut dalam penggunaan SFTP dan FTPeS akan penulis jelaskan pada artikel selanjutnya.

Artikel kali ini penulis akan membahas bagaimana membuat file sharing menggunakan FTP Server pada Windows 7 dengan bantuan layanan Internet Information Service (IIS 7). Langkah – langkahnya dapat di download pada link berikut :

Untuk Download artikel lengkap, klik disini.

No comments :